WALI KOTA PEKALONGAN MERESMIKAN GERAI OLEH-OLEH PEKALONGAN DI KAWASAN TECHNO PARK

Pekalongan, 26 Februari 2024 - Wali Kota Pekalongan, Achmad Afzan Arslan Djunaid, meresmikan Gerai Oleh-Oleh Pekalongan yang berlokasi di kawasan Techno Park Kota Pekalongan. Kegiatan peresmian ini menjadi momen penting dalam upaya memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Pekalongan.

Bunda Gemari Kota Pekalongan, Inggit Soraya, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan harapannya atas dibangunnya gerai oleh-oleh khas Kota Batik ini. "Gerai oleh oleh ini tidak hanya menawarkan produk ikan, tetapi juga kerajinan khas Kota Pekalongan. Saya berharap semangat ini tidak hanya berhenti di awal, tetapi terus berkembang dan semakin ramai dengan produk-produk unggulan serta mendapat dukungan dari banyak pengunjung."

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pekalongan, Drs. Sugiyo, menjelaskan bahwa gerai tersebut menampilkan lebih dari 40 jenis produk dari 19 tenant atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). "DKP mengelola lebih dari 50 UMKM/tenant dari olahan produk perikanan. Namun, produk yang dipilih untuk dipamerkan adalah yang memiliki kualitas terbaik dan komitmen dalam penyediaan suplai," ujarnya.

Lebih lanjut, Drs. Sugiyo menekankan pentingnya pemasaran dalam pengembangan bisnis. "Gerai ini diharapkan dapat menjadi pusat pemasaran yang mendukung objek wisata Pantai Pasir Kencana. Dengan Pantai Pasir Kencana yang ramai, maka Gerai Oleh-Oleh Pekalongan juga akan semakin berkembang. Semua produk yang ditampilkan merupakan unggulan dari UMKM Pekalongan, dengan bandeng presto sebagai salah satu produk andalan yang diolah sendiri oleh DKP," tambahnya.

Peresmian Gerai Oleh-Oleh Pekalongan ini diharapkan dapat menjadi magnet baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Pekalongan serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui promosi produk-produk unggulan daerah.