MENEKAN ANGKA STUNTING DI KOTA PEKALONGAN

Dalam rangka menekan angka stunting yang ada di Kota Pekalongan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pekalongan melalui UPTD Technopark Perikanan Kota Pekalongan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kota Pekalongan menyelenggarakan Road Show Bunda Gemari di Kelurahan Pasirkratonkramat, Kecamatan Pekalongan Barat pada hari Kamis, 16 November 2023. Road show Gemarikan tersebut merupakan road show ketiga dan terakhir di tahun 2023, yang sebelumnya sudah diselenggarakan pada bulan Maret dan Juni lalu di Kecamatan Pekalongan Utara dan Pekalongan Timur.

Peserta Road Show Gemarikan di kelurahan Pasirkratonkramat merupakan bayi di bawah dua tahun yang berasal dari berbagai kelurahan dari Kecamatan Pekalongan Barat dan Pekalongan Selatan. Pada acara Road Show ini hadir Wali Kota Pekalongan, Wakil Wali Kota Pekalongan sebagai Ketua TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting), Ketua TP PKK Kota Pekalongan sebagai Bunda Gemari Kota Pekalongan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pekalongan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Camat Pekalongan Barat dan Camat Pekalongan Selatan. Bunda Gemari, Ibu Inggit Soraya, S.Sn menyampaikan dalam sambutannya bahwa ikan sangatlah baik untuk tumbuh kembang bayi karena kandungan protein dan omega-3 yang tinggi dibandingkan dengan daging dan ayam. Bunda Gemari juga menambahkan bahwa untuk meningkatkan minat konsumsi ikan pada anak-anak perlu adanya modifikasi atau inovasi olahan ikan supaya anak mau makan ikan. Bunda Gemari menyampaikan di akhir sambutannya bahwa beliau berharap ke depan Kota Pekalongan angka konsumsi ikan Kota Pekalongan bisa meningkat lagi mendekati target angka konsumsi ikan nasional. Wakil Wali Kota Pekalongan selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting juga menyebutkan bahwa ibu-ibu yang memiliki balita harus terus memantau perkembangan anak, terutama asupan makanannya supaya terpenuhi kebutuhan gizinya. Wakil Wali Kota Pekalongan juga menambahkan perlu adanya 'dongengan' terkait ikan dengan anak supaya anak-anak juga mengenal ikan, sehingga minat mengkonsumsi ikan juga akan bertambah.

Dalam kegiatan ini juga diberikan paket olahan ikan yang berisi ikan segar, fish roll, bakso ikan, stik ikan dan kerupuk ikan